Kenapa harus pake Telegram? Inilah 10 Keunggulan Telegram


Saat ini banyak sekali aplikasi chatting yang kita kenal seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan Line.

Namun ada satu lagi aplikasi chatting yang tidak kalah menarik dengan fitur keren, yaitu Aplikasi Telegram.

Aplikasi Telegram adalah aplikasi messaging yang berfokus pada kecepatan dan keamanan.

Aplikasi ini mulai diluncurkan sejak tahun 2013 dan saat ini telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna. 

Di Indonesia sendiri juga sudah banyak pengguna yang memanfaatkan telegram sebagai media komunikasi.

Setiap aplikasi tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan atau Keunggulan telegram telah menuai banyak perhatian dan banyak diperbincangkan oleh berbagai media.

Artikel terkait :
Fenomena Ngeblog, Apa Manfaatnya?
Bahaya NgeBLOG, Awas Kecanduan !!! 
Blog Sebagai Media Pembelajaran 
Blogspot VS Wordpress, Manakah yang cocok untuk Anda?  

Inilah 10 (Sepuluh) Keunggulan telegram dibandingkan aplikasi chatting lainnya adalah :

1.Tidak membebani memori HP

Salah satu keunggulan telegram yang membuat menarik pengguna, khususnya pengguna yang menggunakan HP adalah aplikasi telegram ini tidak membebani memori pada HP.

Telegram menggunakan Sistem cloud server sebagai media penyimpanannya sehingga data yang ada dalam pesan Telegram tidak akan membebani memori HP, melainkan tersimpan secara gratis di server cloud telegram.

Jika di WhatsApp, file yang Anda bagikan akan tersimpan dalam media penyimpanan gadget/HP, maka di Telegram file tersebut tersimpan selamanya pada server dan tidak akan terhapus atau hilang kecuali Anda menghapusnya dan ada bencana.

Membagikan file baik dalam bentuk foto, video, ataupun audio juga tidak akan membebani memori dari gadget anda.

Hal inilah yang membuat Telegram jadi lebih unggul jika dibandingkan dengan whatsApp yang menyimpan file di memori gadget atau HP.

Kemudian, dengan adanya sistem cloud server ini memungkinkan pengguna untuk login di telegram dan mengakses data yang tersimpan di mana pun dan melalui perangkat apapun tanpa takut kehilangan data.

Berbeda dengan sistem yang dimiliki WhatsApp, dimana setiap data yang lalu lalang disimpan dalam HP sehingga seringkali membebani memori HP.

2.Kapasitas Group yang Besar

Keunggulan telegram selanjutnya adalah kapasitas group yang sangat besar yaitu 5000 sampai 200.000 orang jika dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya diperbolehkan memasukkan 256 orang.

Meskipun kapasitas standarnya adalah 200 orang, namun telegram menyediakan fitur yang diberi nama Super Group untuk membuat group dengan kapasitas maksimal yaitu sampai 200.000 orang.

3.Lebih aman

Fitur keamanan yang dimiliki telegram sudah banyak diperbincangkan dan disebut-sebut sebagai aplikasi chat paling aman.

Telegram menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Biarpun fitur ini juga ada pada WhatsApp, tapi keamanan pada Telegram masih lebih aman karena menggunakan skema MTProto.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya, yaitu Secret Chat.

Secret Chat adalah sebuah pesan yang secara otomatis akan menghapus sendiri, sehingga keamanan dan privasi pesan Anda sangat terjamin.

4.Adanya fitur Channel

Jika BBM dan WhatsApp punya fitur Broadcast Message, maka Telegram juga punya fitur yang tidak kalah bagus, yaitu Channel.

Broadcast Message dan Channel adalah bentuk komunikasi satu arah. Hanya saja penggunaan Channel ini jauh lebih mudah.

Kalau Anda pakai broadcast message Anda harus menentukan siapa saja yang akan Anda kirimi pesan, dengan Channel Anda cukup fokus pada konten saja tanpa perlu pusing bagaimana mengirimkannya.

Karena setelah Anda menulis pesan, dengan fitur Channel ini akan secara otomatis masuk ke orang-orang yang mengikuti Anda.

Kelebihan dari Channel ini adalah kapasitasnya memiliki jumlah yang besar sehingga para pemilik onlineshop menjadikannya untuk jualan produknya dan update info mengenai bisnisnya.

5.Multi Profile

Sistem multi profile juga menjadi salah satu keunggulan telegram dan sangat cocok untuk orang yang sering berganti-ganti profil akun media sosialnya.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah beberap foto profil secara bersamaan dan pengguna lain bisa melihat foto profil tersebut dengan menggesernya.

6.Chat Bot atau Chat Otomatis

Selanjutnya, telegram juga memiliki sistem chat bot atau chat otomatis, fitur ini bisa digunakan di Telegram tanpa memerlukan bantuan aplikasi tambahan.

WhatsApp juga memiliki sistem ini, namun hanya terdapat di WhatsApp versi bisnis, sehingga kita harus mendownload dua aplikasi untuk menggunakannya.

7.Bisa dibuka di Komputer/Laptop

Telegram bisa berkomunikasi dengan siapapun yang punya akun Telegram tanpa batasan device/gadget. Selain menggunakan HP, telegram juga bisa dibuka dengan menggunakan komputer atau laptop.

Telegram bisa Anda akses dibanyak device dengan platform yang berbeda secara bersamaan. Sebagai contoh Anda mengakses Telegram di smartphone atau HP, ketika Anda buka di laptop maka chat yang ada juga akan tetap sama. Karena Telegram menggunakan konsep cloud-base.

Sehingga jika baterai smartphone habis Anda bisa membukanya di komputer dan tidak perlu takut kehilangan chat history.

Aplikasi Telegram juga bisa untuk banyak akun. Jika Anda punya banyak toko online Anda bisa membuat akun Telegram untuk masing-masing toko online dan mengelolanya hanya dari 1 device saja. Sehingga Anda tidak perlu melakukan cloning aplikasi, tidak perlu takut media penyimpanan cepat penuh dan yang pasti ini legal.

8.Mempunyai 2 Opsi Fitur Pengiriman Dokumen

Telegram memiliki keunggulan dengan adanya dua opsi pengiriman dokumen yang bisa digunakan. Ketika pengguna ingin mengirimkan file, maka akan diberikan opsi untuk mengirimkan file asli atau file yang sudah dikompresi (diperkecil) dengan ukuran maksimal 1,5GB.
Fitur ini tidak ada di WhatsApp, karena WhatsApp secara otomatis melakukan kompresi terhadap pesan gambar, voice chat dan video  yang dikirim sehingga dapat mengurangi resolusi dan kualitas dokumen.

9.Gratis dan Tanpa Iklan

Anda bisa menggunakan Telegram untuk bisnis Anda secara gratis dan tanpa iklan. Bahkan jika Anda punya grup di Telegram, ada member yang terus-terusnya nyepam, ada fasilitas untuk melaporkannya sebagai spam.

10.Jumlah pengguna Telegram terus meningkat

Berdasarkan data dari Play store, Aplikasi Telegram lebih dari satu juta pengguna.Semakin banyak pengguna dari suatu aplikasi atau platform, maka semakin banyak juga potensial marketnya.

Ini sama halnya ketika Anda berjualan lewat Instagram. Semakin banyak orang yang menggunakan Instagram, maka semakin luas pula ladang yang bisa Anda garap untuk bisnis Anda.

Maka munculah istilah Instagram Marketing atau pemasaran dengan menggunakan Instagram. Dan dengan menggunakan Telegram untuk bisnis dan aktivitas pemasaran Anda, itu berarti Anda juga menerapkan Telegram Marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.