Konversi Bilangan BINER Ke DESIMAL

Sistem bilangan digunakan dalam pengoperasian suatu mesin digital atau komputer. Sistem bilangan merupakan suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu sistem fisik.

Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mengenal beberapa macam Sistem Bilangan yaitu dari mulai sistem bilangan biner, oktal, desimal dan sistem bilangan heksadesimal.

Komputer merupakan mesin berbasis listrik yang hanya mengenal dua kondisi, yaitu hidup (ON) dilambangkan dengan angka 1 dan mati (OFF) dilambangkan dengan angka 0, kondisi tersebut selanjutnya disebut sebagai sebuah sistem binary (biner).

Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan yang menggunakan basis/radiks 2 atau menggunakan 2 macam simbol bilangan, yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan ini digunakan sebagai bahasa komputer. Semua bahasa pemrograman yang ada di dunia saat ini harus mengkonversikan bahasa mereka kedalam bentuk biner agar dapat melakukan instruksi pada komputer.
Bila suatu nilai dinyatakan dalam suatu bilangan tertentu dan bila kita ingin mengetahui nilai tersebut dalam sistem bilangan yang lain, maka nilai dalam sistem bilangan sebelumnya harus dikonversikan terlebih dahulu ke sistem bilangan yang diinginkan. Dalam melakukan pengkonversian diperlukan ketelitian, ketekunan, dan kecermatan.

Cara Mengkonversi Bilangan Biner ke Desimal

Konversi Bilangan Biner ke Desimal artinya merubah atau mengkonversi dari bilangan biner yang berbasis 2 menjadi bilangan desimal yang berbasis 10. Dari bilangan biner dapat dikonversikan ke bilangan desimal dengan cara mengalikan masing - masing bit dalam bilangan dengan nilai tempatnya.

Supaya mudah untuk mengerjakan konversi bilangan biner ke desimal, maka anda harus mempelajari dulu materi bilangan berpangkat / eksponen pada mata pelajaran matematika.

Untuk mengkonversi bilangan biner ke desimal, silahkan pelajari contoh soal dibawah ini !

Contoh Soal 1 : 

Konversikan bilangan 101 biner kedalam bilangan desimal! 

Penyelesaian :


Contoh Soal 2 : 

Konversikan bilangan 110 biner kedalam bilangan desimal!

Penyelesaian :

Contoh Soal 3 : 

Konversikan bilangan 1 001 biner kedalam bilangan desimal!

Penyelesaian :

Setelah Anda mempelajari contoh soal diatas, silahkan kerjakan Latihan soal dibawah ini untuk mengkonversi bilangan Biner menjadi bilangan desimal

Latihan Soal

Konversikan bilangan biner dibawah ini kedalam bilangan desimal!

1) 1 111 biner

2) 1 110 biner

3) 1 100 biner

4) 10 111 biner

5) 101 111 001 biner


<== BackNext ==>




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.