Soal Ujian Animasi Tradisional, Stop Motion dan Animasi Komputer

PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberikan tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e!

 
1. Teknik animasi yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan dan pembuatannya tanpa menggunakan software animasi adalah...

a. Animasi Komputer
b. Animasi Tradisional
c. Animasi Stop motion
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

2. Dibawah ini yang bukan termasuk jenis animasi tradisional adalah ...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Stop Motion

3. Dibawah ini yang termasuk jenis animasi tradisional adalah ...

a. Zoetrope,Thaumatrope dan stop motion
b. Thaumatrope, Phenakistoscope dan stop motion
c. Flipbook, Thaumatrope dan stop motion
d. Praxinoscope, Flipbook dan stop motion
a. Praxinoscope, Zoetrope dan Thaumatrope

4. Jenis animasi berupa Perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak adalah ...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Stop Motion

5. Jenis animasi berupa perangkat yang merupakan pendahulu dari proyektor modern yang terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar adalah

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

6. Jenis animasi berupa perangkat berupan disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string diputar-putar dengan cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar adalah...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

7. Sebuah alat animasi yang sederhana yang terbuat dari sebuah cakram kertas yang berisi beberapa bingkai yang diputar dengan kecepatan tertentu sehingga menimbulkan efek animasi adalah ...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Flipbook
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

8. Perangkat animasi yang merupakan rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat adalah...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Flipbook
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

9. Perangkat gambar yang ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, dilihat dalam serangkaian kecil cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, yang diputar dengan kecepatan tertentu sehingga menimbulkan efek animasi adalah...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Flipbook
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

10.  Teknik animasi yang menggunakan kamera untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya disusun pada software animasi secara frame by frame, sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan adalah...

a. Animasi Komputer
b. Animasi Tradisional
c. Animasi Stop motion
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

11. Animasi Stop Motion dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu:

a. Clay Animation, Cutout Animation dan Modeling Animation
b. Cutout Animation, Sand Animation dan Modeling Animation
c. Sand Animation, Hand drawn Animation dan Modeling Animation
d. Hand drawn Animation, Clay Animation dan Modeling Animation
e. Clay Animation, Sand Animation dan Hand drawn Animation

12. Animasi stop motion dimana karakter animasinya terbuat dari bahan lunak seperti tanah liat, malam atau plastisin adalah ...

a. Clay Animation
b. Cutout Animation
c. Sand Animation
d. Hand drawn Animation
e. Modeling Animation

13. Animasi yang menggunakan objek dan karakter datar dari bahan atau material seperti kertas, kartu, kain keras atau bahkan hasil cetakan foto adalah...

a. Clay Animation
b. Cutout Animation
c. Sand Animation
d. Hand drawn Animation
e. Modeling Animation

14.  Animasi yang menggunakan objek dan karakter dari pasir dan permukaan datar untuk membuat gambar untuk dianimasikan adalah...

a. Clay Animation
b. Cutout Animation
c. Sand Animation
d. Hand drawn Animation
e. Modeling Animation

15. Animasi yang objek dan karakternya menggunakan gambar manual tangan setahap demi setahap adalah...

a. Clay Animation
b. Cutout Animation
c. Sand Animation
d. Hand drawn Animation
e. Modeling Animation

16.  Animasi yang merupakan Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan menggunakan komputer adalah...

a. Animasi Komputer
b. Animasi Tradisional
c. Animasi Stop motion
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

17. Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah digambarkan dengan jelas, seperti...

a. Wahana ruang angkasa dan balap mobil
b. Tsunami, gempa bumi dan balap mobil
c. Gempa bumi dan balap mobil
d. Balap mobil dan balap motor
e. Wahana ruang angkasa dan gempa bumi

18. Lembaran kertas kosong seperti HVS yang digunakan untuk pembuatan animasi dalam software animasi adobe flash disebut ...

a. Frame
b. Keyframe
c. Insert Frame
d. Insert Keyframe
e. Blank Keyframe

19. Lembaran kertas yang sudah terisi gambar karakter animasi dalam software animasi adobe flash disebut ...

a. Frame
b. Keyframe
c. Insert Frame
d. Insert Keyframe
e. Blank Keyframe

20. Animasi komputer dibagi menjadi 2 jenis animasi yaitu...

a. Animasi Tradisional dan Animasi Stop motion
c. Animasi Stop motion dan Animasi 2D
d. Animasi Stop motion dan Animasi 3D
d. Animasi Tradisional dan Animasi 2D
e. Animasi 2D dan Animasi 3D

Uraian

1. Kenapa animasi tradisional disebut juga cel animation?
2. Jelaskan cara kerja animasi stop motion!
3. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat animasi stop motion!
4. Jelaskan prinsip kerja animasi komputer !
5. Jelaskan konsep dasar penciptaan Animasi Komputer!

<== BACK

----------------------------------------------------------------

Bagi yang masih belum bisa menjawab soal-soal diatas. Silahkan pelajari kembali materi dibawah ini.
Animasi Tradisional
Animasi Stop Motion
Animasi Komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.