Animasi Tradisional

Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Teknik animasi tradisional dibuat secara tradisional tanpa menggunakan software animasi.

Animasi Tradisional  juga sering disebut cel animation karena teknik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.


Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang yang disebut sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera didalam ruangan yang serba hitam.

Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja.
Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.

Sekarang, material film dibuat dari asetat (acetate), bukan celluloid. Potongan animasi dibuat pada sebuah potongan asetat atau sel (cell). Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang.

Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya.


Jenis Animasi Tradisional

a. Zoetrope

Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak. Awal Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif. Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada kecepatan yang tepat.

Contoh Animasi Zoetrope
 ---------------------------------------------------------

 ---------------------------------------------------------
(Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=-hE_fA9M580)

Para zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.

Video cara membuat Zoetrope
 ---------------------------------------------------------
 ---------------------------------------------------------
(Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=u2v-L-1Kctk)
 


b. Magic Lantern (Lentera Ajaib)
 

Magic Lantern adalah pendahulu dari proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.

Contoh Animasi Magic Lentern
 ---------------------------------------------------------

 ---------------------------------------------------------
(Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=Tc1cRsOslqA)
 
Video tentang Lentera Ajaib (Magic Lantern)
 ----------------------------------------------------------
  ----------------------------------------------------------
 (Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=fYRmyHJzQVo)
 

c. Thaumatrope
 

Thaumatrope Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string diputar-putar dengan cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus merasakan gambar.

Contoh Animasi Thaumatrope
 ---------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------- 

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=yOLE2OzoIYw)


Video cara membuat Traumatrope
----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------
(Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=dlUggq_uvyM)


d. Phenakistoscope
 

 Fenakistoskop adalah sebuah alat animasi yang sederhana yang terbuat dari sebuah cakram kertas yang berisi beberapa bingkai yang diputar dengan kecepatan tertentu sehingga menimbulkan efek animasi. 

Kata Fenakistoskop berasal dari bahasa Yunani yang berarti "menipu" karena efek tipuan mata yang ditimbulkannya.

Contoh Animasi Phenakistoscope
 ---------------------------------------------------------

 --------------------------------------------------------- 

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=BefB2qFB6Sc)

 
Video cara membuat Phenakistoscope
---------------------------------------------------------
 ---------------------------------------------------------
 (Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=2rzwdRqsuVM)


e. Flipbook (Buku Flip)


Flipbook merupakan perangkat animasi yang merupakan rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat

Contoh Animasi Flipbook
 ---------------------------------------------------------


 
---------------------------------------------------------

(Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=vWq-s26YCG8)

 
Buku Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah buku flip dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.

Video cara membuat Flipbook
---------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------
 (Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=Un-BdBSOGKY)



f. Praxinoscope
 

 Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.

Contoh Animasi Praxinoscope
---------------------------------------------------------
 

---------------------------------------------------------
  (Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=8mlZaDsdiVY)


Video cara membuat Praxinoscope
---------------------------------------------------------
 
---------------------------------------------------------
 (Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=D1Y5rOQy2E0)


<== BACK --- NEXT ==>

--------------------------------------------------------------------------
Referensi

- Wahyu Purnomo, Wahyu Andreas, 2013. E-Book Animasi 2D, Kemendikbud RI.
- www.youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.