Pengantar Gerbang Logika (Logic Gate)

Komputer merupakan sebuah kalkulator modern yang dapat diprogram untuk melakukan operasi logika dan aritmetika otomatis.

Sebelum data diolah ole CPU, data tersebut akan dikonversi kedalam bentuk biner. Selanjutnya akan dilakukan proses komputasi pada data tersebut, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hasilnya akan dikirimkan ke peralatan output, seperti monitor, printer, dan lainnya.

Prinsip dasar CPU sebenarnya adalah rangkaian gerbang logika, yang bertugas memanipulasi masukan data (input) menjadi sebuah bentuk keluaran data (output) tertentu. Hasil input dan output data berupa True (1) dan False (0).

Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis.

Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

Gerbang logika dalam pengoperasianya memenuhi aturan main sesuai dengan aljabar Boolean dalam sistem biner.

Pada dasarnya, gerbang logika hanya mengenal tiga operasi dasar, yaitu NOT, AND dan OR. Operasi dasar tersebut dapat diimplementasikan dalam beberapa bentuk gerbang logika menjadi sebuah rangkaian elektronik.

Ketiga operasi dasar gerbang logika tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa operasi, seperti NOT AND (NAND), NOT OR (NOR), Exclusive OR (XOR) dan Exclusive NOT OR (XNOR).

Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa gerbang logika dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital terdapat 7 jenis, yaitu :

1. Gerbang Logika AND 

2. Gerbang Logika OR

3. Gerbang Logika NOT

4. Gerbang Logika NAND

5. Gerbang Logika NOR

6. Gerbang Logika X-OR (Exclusive OR)

7. Gerbang Logika X-NOR (Exlusive NOR)


Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input (Masukan) yang menghasilkan Output (Keluaran) Logis disebut dengan “Tabel Kebenaran” atau “Truth Table”.

deskripsi gambar
 <== Back ---- NEXT ==>

==================================
Referensi

A.T. Haryanto, T.L.A. Sucipto, 2013, Ebook Sistem Komputer Kelas X, Kemendikbud RI.

Novianto A, 2017, Sistem Komputer untuk SMK/MAK Kelas X, Jakarta, Penerbit Erlangga.

https://ilkomjtk.files.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.