Latihan Soal PTS Animasi

LATIHAN SOAL PTS ANIMASI

PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban (option) yang paling benar!

1. Suatu  proses perekaman dan permainan kembali  serangkaian gambar diam atau  statis untuk menciptakan suatu ilusi pergerakan seolah-olah hidup adalah definisi dari......
a. Multimedia
b. Ilustrasi
c. Animasi
d. Sketsa
e. Stopmotion

2. Siapakah yang merumuskan 12 prinsip dasar animasi.....
a. Frank Thomas
b. Ollie Johnston
c. Paul Roget
d. Frank Thomas dan Ollie Johnston
e. Frank Thomas dan Paul Roget

3. Sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras dan seberapa lentur permukaan sebuah benda adalah prinsip ....
a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and Slow Out
e. Solid Drawing

4. Prinsip animasi yang menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki
percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda adalah prinsip ...

a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and Slow Out
e. Solid Drawing

5. Menempatkan karakter animasi pada posisi yang tepat dan memastikan bahwa setiap gerakan, ekspresi dan mood  dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan adalah ....
a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and Slow Out
e. Solid Drawing

6. Prinsip animasi yang digunakan untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk  rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis adalah prinsip ...

a. Archs
b. Solid Drawing
c. Timing
d. Appeal
e. Exaggeration
 
7. Kemampuan untuk menggambar karakter tetap konsisten letak dan bentuknya dalam berbagai angle  sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame  animasi adalah prinsip ...
a. Archs
b. Solid Drawing
c. Timing
d. Appeal
e. Exaggeration

8. Dibawah ini yang termasuk jenis animasi tradisional adalah ...

a. Zoetrope,Thaumatrope dan stop motion
b. Thaumatrope, Phenakistoscope dan stop motion
c. Flipbook, Thaumatrope dan stop motion
d. Praxinoscope, Flipbook dan stop motion
e. Praxinoscope, Zoetrope dan Thaumatrope
 
9. Jenis animasi berupa Perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak adalah ...
a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

10. Jenis animasi berupa perangkat mirip disk lingkaran  kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau  sepasang string  berjalan melalui pusat. Ketika string  diputar- putar dengan cepat antara jari, dua gambar muncul  untuk bergabung menjadi satu gambar adalah...
a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

11. Perangkat animasi yang merupakan rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat adalah...

a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Flipbook
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope

12. Teknik animasi yang menggunakan kamera untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya disusun pada software animasi secara frame  by frame, sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame  dimainkan berurutan secara berkesinambungan adalah...

a. Animasi Komputer
b. Animasi Tradisional
c. Animasi Stop motion  
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

13. Dengan  animasi komputer, hal-hal yang awalnya  tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin  dan lebih mudah digambarkan dengan jelas, seperti...
a. Wahana ruang  angkasa dan balap  mobil
b. Tsunami dan balap  mobil
c. Gempa  bumi dan balap  mobil
d. Balap mobil dan balap  motor
e. Wahana ruang  angkasa dan gempa bumi

14. Animasi Stop Motion dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu....

a. Clay Animation, Cutout Animation  dan Modeling Animation
b. Cutout Animation, Sand Animation  dan Modeling Animation
c. Sand Animation, Hand drawn Animation  dan Modeling Animation
d. Hand drawn Animation, Clay Animation  dan Modeling Animation
e. Clay Animation, Sand Animation  dan Hand drawn Animation

15. Lembaran kertas yang sudah terisi gambar karakter animasi dalam software animasi adobe flash  disebut ...
a. Frame
b. Keyframe
c. Insert Frame
d. Insert Keyframe
e. Blank Keyframe

16. Berikut ini macam-macam teknik animasi tweening, kecuali...
a. Motion Tween
b. Motion Guide
c. Stop Motion
d. Masking
e. Shape Tween

17. Animasi yang menyembunyikan atau  menutupi suatu obyek dengan obyek lain, sehinga obyek yang menutupi terlihat  transparan dan menyatu dengan obyek yang ditutupi disebut...
a. Motion Tween
b. Motion Guide
c. Stop Motion
d. Masking
e. Shape Tween

18. Animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat, disebut...
a. Motion Tween
b. Motion Guide
c. Stop Motion
d. Masking
e. Shape Tween

19. Tempat yang berisi layer dan frame  yang berfungsi untuk mengontrol objek yang akan dianimasikan disebut...
a. Timeline
b. Layer
c. Frame
d. Keyframe
e. Blank Keyframe

20. Pada animasi tweening, frame  awal dan frame  akhir yang dijadikan gambar kunci disebut...

a. Timeline
b. Layer
c. Frame
d. Keyframe
e. InBetween

21. Animasi 2D adalah animasi yang.....
a. berwujud  2D
b. berwujud  3D
c. menarik
d. menggunakan komputer
e. berbentuk sempurna

22. Perbedaan utama Animasi 2 Dimensi dengan Animasi 3 Dimensi adalah.....
a. Kualitas gambar
b. Kualitas video
c. Kualitas Audio
d. Sumbu-sumbunya
e. Warnanya

23. Aplikasi yang fungsinya untuk membuat Animasi 2 Dimensi adalah.....

a. Adobe Photoshop
b. 3DS Max
c. Adobe Flash
d. Blender
e. Adobe Premiere

24. Menu pada Adobe Flash yang fungsinya untuk menggambar lingkaran adalah....
a. Rectangle tool
b. Oval tool
c. Modify tool
d. Select  and rotate tool
e. Gradient  tool

25. Fungsi dari menu  Paint Bucket tool pada Adobe Flash adalah.....

a. Merotasi obyek
b. Menganimasikan obyek
c. Membalik  obyek
d. Merubah ukuran  obyek
e. Mewarnai objek

26. Tombol apakah yang fungsinya untuk menjalankan animasi pada  Adobe Flash  ....
a. Ctrl
b. Enter
c. Delete
d. Z
e. B

27. Untuk merubah ukuran  objek menu  yang digunakan adalah....

a. Pen tool
b. Text tool
c. Grab tool
d. Group tool
e. Free transform tool

28. Nama  lain dari Keyframe adalah....

a. Gambar kunci
b. Gambar pertama
c. Bingkai poto
d. Animasi sederhana
e. Gambar ilustrasi

29. Tombol kombinasi untuk menjalankan animasi adalah....
a. Enter + X
b. Ctrl + R
c. Ctrl + Enter
d. S + Z
e. Y + R

30. Motion tween  adalah....

a. Efek animasi
b. Warna animasi
b. Pergerakan animasi
c. Animasi Sederhana
d. Gambar Ilustrasi

ESSAY
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar !


1. Apa yang dimaksud dengan animasi stop motion?
2. Sebutkan jenis-jenis animasi stop motion!
3. Apa perbedaan antara teknik animasi tweening dengan teknik animasi frame  by frame?
4. Sebutkan jenis-jenis  animasi tradisional!
5. Berikan tiga contoh adegan animasi yang menerapkan prinsip Exaggeration!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.